November 26, 2020
Cara Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

Cara Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

Sebetulnya sah-sah saja memberikan hutang kepada teman. Yang menjadi masalah jika ia susah sekali ketika ditagih, ada saja alasan yang keluar dari mulutnya. Kadang pemberi hutang pun tak tega jika harus terus menerus menagih hutang. Bagaimana cara menagih hutang ke orang yang susah bayar?

Bisa gunakan jasa penagihan hutang dari pengacaraindonesia.com

Sudah tidak aneh jika menagih hutang merupakan pekerjaan yang kadang gampang kadang susahnya setengah mati. Sebab utama susah saat menagih hutang salah satunya dari pemberi hutang itu sendiri. Acapkali lantaran sebagai teman maka tak tegas ketika menagih. Bila Anda juga menghadapi masalah yang sama, coba cek cara menagih hutang ke orang yang susah bayar berikut ini :

Dari pertama berikan tenggat pasti kapan harus melunasi

Meski trik pertama ini terasa sadis, namun cukup ampuh. Contoh kalimat untuk menagih : “jika sudah gajian, tolong langsung dilunasi hutangnya ya! Jangan sampai harus selalu ditagih dahulu. Atau :”nanti pas tanggal 11 bulan depan uang itu juga aku butuhkan, jadi jangan sampai telat membayarnya lho!

Katakan jika memang sangat butuh dengan uang

Jika trik sebelumnya tidak mempan, gunakan cara selanjutnya ini. Katakan jika Ana memang sedang betul-betul memerlukan uang tersebut untuk kebutuhan mendesak. Umpamanya dengan mengatakan: “Aku sedang perlu uang banyak untuk menambah bayar biaya pesta pernikahan lho, tolong hutangmu segera dibayar! Atau : “Minggu depan hutangmu dibayar ya, akan aku gunakan untuk membayar biaya balik nama kendaraan!” Berbagai alasan bisa dicari sesuai dengan kondisi.

Menagih dengan memberi nasihat

Jika anda merasa sungkan menagih hutang langsung, coba dengan mengirimkan chat WA dengan kalimat yang berisi nasihat. Umpamanya; “Dalam Islam, hutang yang tak dibayar akan menyebabkan terhalang masuk surga”. Atau “Allah memberikan peringatan keras kepada orang yang berhutang namun tak mau membayar padahal mampu dengan status sebagai pencuri”. Jika telah menyangkut ke masalah agama dan akhirat, tentu ia akan berpikir seribu kali jika berniat tak melunasi hutangnya.

Tagih di hadapan orang lain

Apabila batas waktu pembayaran terlampaui, teman Anda harus diingatkan lagi. Hanya saja lakukan di hadapan orang lain, misalnya teman anda berdua. Kenapa begitu? Sebab saat teman yang berhutang tak malu belum melunasi hutang di depan anda saja, mungkin ia akan malu sebab ada teman lain yang tahu tentang hutang tersebut. Namun cara ini harus dilakukan dengan sopan menggunakan perkataan halus agar tak membuat peminjam sakit hati.

Meminta bantuan teman lain

Bilamana teman yang berhutang tetap saja belum mau membayar, anda dapat meminta bantuan teman lain untuk menyampaikan kepada peminjam. Teman yang dimintai bantuan tersebut dapat menceritakan kepada peminjam jika anda memang betul-betul sedang membutuhkan uang yang dipinjam sebagai tambahan biaya sekolah anak atau renovasi rumah, atau alasan-alasan lain. Minta juga untuk menasihati agar segera membayar hutangnya.

Katakan terus-terang

Jika berbagai cara tadi telah dijalankan namun tidak juga efektif, waktunya untuk mengatakan sebenarnya apa yang menjadi ganjalan di hati. Katakan bahwa uang yang dihutang itu milik Anda dan Anda berhak untuk memintanya.

Namun bisa baca disini,

Namun usahakan agar tak terbawa emosi agar tak terjadi kerenggangan hubungan teman. Cara menagih hutang ke orang yang susah bayar yang kebetulan teman memang harus mengetahui sifatnya lebih dulu. Sehingga, bisa paham langkah paling pas yang harus diambil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *